Artikel
5 Mitos dan Fakta Tentang Investasi yang Perlu Kamu Tahu!
author
Content Management
author
22 April 2024
Facebook
Twitter
Instagram
Tiktok
blog-detail

Hai sobat Makmur! Kamu tahu kan, Investasi merupakan salah satu cara yang baik untuk membangun kekayaan dan mencapai tujuan keuangan dalam jangka panjang. Namun, di tengah berbagai informasi yang beredar, masih ada mitos-mitos yang bisa membuat kamu ragu atau bahkan takut untuk mulai berinvestasi. Di artikel ini, kita akan membongkar 5 mitos tentang investasi dan mengungkap fakta di baliknya. Yuk kita simak bersama!

1. Investasi hanya untuk orang tajir/kaya

Mitos: Banyak orang menganggap bahwa investasi hanya cocok bagi mereka yang memiliki kekayaan berlebih. Mereka percaya bahwa untuk berinvestasi, seseorang harus memiliki jumlah uang yang signifikan. Apakah harus jadi “sultan” dulu? Oh tentu saja tidak..

Fakta: Investasi sebenarnya dapat diakses oleh siapa pun, tidak peduli seberapa besar atau kecil jumlah uang yang dimiliki. Ada berbagai jenis investasi yang cocok untuk berbagai tingkat maupun jenis pendapatan. Bila kamu berinvestasi reksa dana di aplikasi Makmur, kamu bisa berinvestasi dengan jumlah modal awal yang sangat terjangkau. Kamu bisa mulai berinvestasi dari Rp10 ribu saja lho. 

2. Hanya untuk orang yang paham seluk beluk tentang investasi

Mitos: Masih ada yang percaya bahwa untuk berinvestasi, kamu harus memiliki pengetahuan mendalam tentang pasar keuangan dan strategi investasi yang rumit.

Fakta: Meskipun memiliki pemahaman yang kuat tentang investasi bisa membantu kamu dalam memutuskan pilihan instrumen investasinya, namun itu bukanlah keharusan untuk memulai. Ada banyak sumber daya dan platform investasi yang dapat membantumu memahami dasar-dasar investasi dan memulai dengan langkah-langkah yang sederhana.

Kamu bisa membaca melalui artikel-artikel di aplikasi Makmur atau media sosial Makmur lainnya seperti YouTube dan Instagram untuk mengetahui lebih lanjut pengetahuan tentang investasi.

3. Dana Investasi sulit untuk dicairkan

Mitos: Ada sebagian orang khawatir untuk berinvestasi karena mereka percaya bahwa dana investasi akan sulit untuk dicairkan jika mereka membutuhkannya dalam waktu mendesak.

Fakta: Kebanyakan investasi sekarang telah dirancang untuk menjadi relatif likuid, yang berarti kamu dapat mencairkan dana investasimu dengan cepat jika diperlukan. Penting untuk memahami tingkat likuiditas dari setiap investasi sebelum kamu memutuskan untuk mengalokasikan danamu.

Misalnya, bila kamu lihat di aplikasi Makmur, ada fitur yang bernama “Reksa Dana Same Day”. Fitur itu menunjukkan bahwa reksa dana yang masuk kategori Reksa Dana Same Day dapat selesai pada proses pencairan dananya di hari yang sama apabila penjualan reksa dana tersebut dilakukan sebelum pukul 09.30 WIB. Menarik bukan?

4. Investasi memiliki risiko yang tinggi

Mitos: Banyak orang menganggap investasi sebagai aktivitas berisiko tinggi.

Fakta: Memang investasi mengandung risiko, namun risiko tersebut dapat dikelola. Dengan melakukan riset yang baik, diversifikasi portofolio, dan memiliki rencana investasi yang jelas, kamu dapat mengurangi risiko secara signifikan. Selain itu, ada berbagai jenis investasi dengan tingkat risiko yang berbeda-beda, mulai dari yang memiliki risiko rendah, menengah rendah, menengah tinggi, dan risiko tinggi. Dengan memahami profil risikomu sendiri dan memilih investasi yang sesuai, kamu dapat mengendalikan risiko dan memaksimalkan potensi keuntungan jangka panjang.

Salah satu instrumen investasi yang memiliki berbagai jenis tingkat risiko berbeda-beda yaitu instrumen keuangan reksa dana.

5. Investasi itu rumit dan membingungkan

Mitos: Banyak orang menganggap investasi itu rumit dan membingungkan, apalagi sekarang zamannya digital, kita harus bisa beradaptasi dengan lebih kompleks untuk memahaminya.

Fakta: Justru dengan melalui digital dan secara daring (online), itu bisa jauh lebih memudahkanmu dalam berinvestasi. Kamu tidak perlu ke suatu tempat untuk berinvestasi dengan proses yang cukup lama sampai instrumen investasimu masuk ke dalam portofolio secara tertulis, namun kamu bisa memiliki aset investasimu lebih cepat melalui platform digital.

Coba deh kamu manfaatkan aplikasi Makmur untuk berinvestasi reksa dana. Dengan pilihan menu yang lengkap, hal itu dapat memudahkan kamu untuk bertransaksi. Namun perlu diingat, sebelum berinvestasi ada baiknya tentukan tujuan finansialmu terlebih dahulu, pahami profil risikomu, baru pilih instrumen investasi yang sesuai dengan tujuanmu sendiri.

Membongkar mitos-mitos tentang investasi adalah langkah pertama yang penting dalam memulai perjalanan keuanganmu. Dengan memahami fakta-fakta di balik investasi, kamu dapat membuat keputusan yang lebih cerdas dan mengambil langkah-langkah untuk mencapai tujuan keuanganmu dengan lebih percaya diri. Jadi, jangan biarkan mitos-mitos tersebut menghalangi kamu untuk memulai perjalanan investasi kamu sendiri!

Yuk investasi reksa dana di aplikasi Makmur sekarang!


Kamu juga bisa lho memanfaatkan promo-promo yang tertera pada link di bawah ini untuk menemani perjalanan investasimu dalam mencapai tujuan finansial di masa depan.

Link: Promo-Promo di Makmur

Yuk, unduh aplikasi Makmur melalui link di bawah ini dan jangan lupa berikan ulasan terbaikmu.

Download Makmur

Selain itu, kamu juga bisa lho menambah ilmu pengetahuan dan membaca informasi atau artikel menarik di website Makmur. Klik linknya sekarang juga ya.

Website: Makmur.id


Editor: Endang Cahyani (bersertifikasi WAPERD, WMI dan CFP)

Penulis: Ilham Fitriadi Budiarto

Bagikan
Facebook
Twitter
Instagram
Tiktok
Artikel lainnya
Artikel
Ingin Terlepas dari Loss Aversion? Ini Caranya

Hai Sobat Makmur! Ketika berbicara tentang uang dan keputusan investasi, sering kali kita merasa lebih terpukul oleh kerugian dibandingkan dengan keuntungan yang sama besarnya. Fenomena ini dikenal sebagai “Loss Aversion” atau ketakutan akan kerugian. Mari kita ulas fenomena ini lebih mendalam. Apa Itu Loss Aversion? Loss aversion yaitu kecenderungan manusia lebih merasa terpukul oleh kerugian […]

author
Content Management
calendar
08 May 2024
Artikel
5 Keuntungan Kamu Berinvestasi Reksa Dana, Tanpa Ragu!

Hai Sobat Makmur! Salah satu instrumen keuangan yang bisa dimanfaatkan oleh semua kalangan usia yaitu reksa dana. Penasaran gak, kira-kira apa sih keuntungan berinvestasi reksa dana? Nah, berikut adalah 5 keuntungan menarik yang akan kamu dapatkan jika memutuskan untuk berinvestasi di reksa dana: 1. Transparan dan Regulasi yang Jelas Salah satu keuntungan utama dari berinvestasi […]

author
Content Management
calendar
03 May 2024
Artikel
Ini Cara Mengetahui Pertumbuhan Persentase Investasimu dengan Mudah

Hai Sobat Makmur! Setuju gak, salah satu hal menarik dari aktivitas investasi yaitu melihat adanya pertumbuhan dari dana yang kita investasikan. Pertumbuhannya bisa dalam bentuk nominal ataupun persentase.  Namun, apakah kamu pernah merasa kesulitan untuk mengetahui total persentase imbal hasilnya? Bila kamu merasa kesulitan, mari kita bahas di dalam artikel ini, yuk simak bersama! Langkah-Langkah […]

author
Content Management
calendar
24 April 2024
Artikel
Berencana Memiliki Buah Hati, Ini Langkah Keuangan yang Perlu Dipersiapkan

Hai sobat Makmur. Memang tidak semua pasangan berencana untuk memiliki buah hati, namun bagi kamu yang berencana untuk memilikinya, artikel ini tepat sekali untuk dibaca.  Mengatur keuangan untuk mempersiapkan kedatangan buah hati adalah langkah penting yang perlu dipertimbangkan dengan matang. Dengan merencanakan dengan baik, kamu bisa mengurangi kekhawatiran keuangan yang dapat muncul seiring dengan proses […]

author
Content Management
calendar
23 April 2024
Artikel
Tips Mengelola Keuangan Pasca Lebaran Biar Isi Rekening gak “Jebol”

Bagaimana libur lebarannya, apakah THR sobat Makmur masih aman atau sudah ludes nih? Setelah liburan, seringkali kita dihadapkan dengan kondisi rekening yang agak “tercekik” akibat berbagai pengeluaran selama bulan Ramadan dan libur Lebaran.  Oleh karena itu, penting untuk meluangkan waktu dalam mengevaluasi dengan cermat semua pengeluaran yang telah dilakukan selama periode tersebut. Dari sahur hingga […]

author
Content Management
calendar
19 April 2024
Artikel
Wajib Baca: Belajar Investasi dari Thomas Rowe Price Jr

Yiha! Waktu libur di bulan Ramadan sudah berakhir, saatnya kita kembali ke aktivitas sehari-hari. Tahu gak sobat Makmur, buat kamu yang baru mulai belajar investasi, cocok banget artikel ini untuk kamu baca. Yuk kita belajar strategi berinvestasi dari beliau yang satu ini. Latar belakang Thomas Rowe Price Jr Thomas Rowe Price Jr. dilahirkan pada 16 […]

author
Content Management
calendar
18 April 2024
Bergabunglah dengan lebih dari 500 ribu investor yang telah berinvestasi di Makmur
ios-app-storeandroid-googleplay-store
Hak Cipta ©2019 - 2024 PT Inovasi Finansial Teknologi
PT INOVASI FINANSIAL TEKNOLOGI (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Semua investasi mengandung risiko dan kemungkinan kerugian nilai investasi. Kinerja masa lalu tidak menjamin kinerja di masa depan. Simulasi investasi disediakan untuk tujuan informasi dan ilustrasi. Reksa dana adalah produk Manajer Investasi (MI) dan bukan produk APERD. APERD tidak bertanggung jawab atas pengelolaan portofolio yang dilakukan oleh MI.