Artikel
Pilih Investasi Jangka Pendek atau Jangka Panjang?
author
Content Management
author
18 September 2023
Facebook
Twitter
Instagram
Tiktok
blog-detail

Dalam hal investasi, salah satu keputusan yang paling penting yang harus diambil oleh seorang investor adalah apakah mereka akan memilih investasi jangka pendek atau jangka panjang.

Kedua pendekatan ini memiliki karakteristik yang berbeda dan keuntungan serta risiko yang berbeda pula. Pasalnya, setiap orang akan memilih preferensinya masing-masing terkait jangka waktu dalam berinvestasi.

Manakah yang lebih baik? dalam artikel ini kamu akanmengetahui lebih lanjut tentang masing-masing opsi dan membantu kamu memahami faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan saat membuat keputusan investasi.

Baca Juga: 3 Manajer Investasi yang Punya Reksa Dana dengan Tambahan Asuransi Jiwa

Jangka Waktu Investasi

Sebelum memilih jangka waktu investasi kamu wajib memahami beberapa hal berikut.

Investasi Jangka Pendek

Keuntungan:

  • Likuiditas Tinggi: Investasi jangka pendek seringkali dapat dijual atau dicairkan dengan cepat, yang berarti dapat dengan cepat menerima dana investasimu kembali dengan mudah jika diperlukan seperti Reksa Dana Pasar Uang
  • Potensi Pendapatan Cepat: Memiliki kemudahan untuk memberikan pengembalian yang lebih cepat dibandingkan dengan investasi jangka panjang

Risiko:

  • Rendahnya Pengembalian: Investasi jangka pendek cenderung memiliki potensi pengembalian yang lebih rendah dibandingkan dengan investasi jangka panjang.
  • Pengaruh Volatilitas: Investasi jangka pendek dapat dipengaruhi oleh fluktuasi pasar yang lebih singkat, yang dapat mengakibatkan kerugian jika tidak dikelola dengan baik dan hati-hati.

Investasi Jangka Panjang

1. Keuntungan:

  • Potensi Pengembalian Tinggi: Investasi jangka panjang seringkali memiliki potensi pengembalian yang lebih tinggi karena waktu yang lebih lama untuk pertumbuhan investasi.
  • Diversifikasi Risiko: Jangka panjang memungkinkan kamu untuk lebih mudah mengatasi fluktuasi pasar karena kamu dapat diversifikasi portofolio investasi dengan lebih baik.

2. Risiko:

  • Kurangnya Likuiditas: Investasi jangka panjang seperti saham, obligasi jangka panjang, atau investasi properti mungkin tidak mudah dijual atau dicairkan, sehingga kamu mungkin tidak dapat mengakses modal investasimu dengan cepat.
  • Potensi Kerugian Jangka Pendek: Selama periode jangka panjang, portofolio kamu dapat mengalami naik turunnya harga yang signifikan, yang mungkin menghasilkan kerugian jika kamu harus menjual investasi dalam situasi yang tidak menguntungkan.

Faktor-faktor yang Perlu Dipertimbangkan

  1. Tentukan tujuan keuanganmu terlebih dahulu. Jika kamu perlu dana dalam waktu dekat, seperti untuk membayar biaya pendidikan anak atau renovasi rumah, investasi jangka pendek mungkin lebih sesuai. Namun, jika kamu menginvestasikan dana pensiun atau untuk tujuan jangka panjang lainnya, investasi jangka panjang dapat menjadi pilihan yang lebih baik.
  2. Evaluasi sejauh mana kamu bersedia mengambil risiko. Jika kamu nyaman dengan naik turunnya nilai investasi, investasi jangka pendek mungkin lebih sesuai untukmu.
  3. Pertimbangkan berapa lama kamu dapat menginvestasikan dana milikmu. Jika kamu memiliki waktu yang cukup lama hingga mencapai tujuan keuangan, jangka panjang dapat memberikan keuntungan besar.
  4. Diversifikasi portofolio investasi dapat membantu mengurangi risiko. Kamu dapat mempertimbangkan campuran investasi jangka pendek dan jangka panjang dalam portofolio investasi.

Pilihan antara investasi jangka pendek dan jangka panjang merupakan keputusan yang sangat tergantung pada situasi keuangan dan tujuan pribadi.

Tidak ada jawaban yang benar atau salah, tetapi dengan mempertimbangkan tujuan keuangan, toleransi risiko, waktu investasi, dan diversifikasi, kamu dapat membuat keputusan yang lebih bijaksana dalam merencanakan keuanganmu.

Jadi, pilih investasi jangka pendek atau panjang?

***

Yuk mulailah berinvestasi di aplikasi yang Aman & Legal seperti Makmur, karena PT Inovasi Finansial Teknologi (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain kamu dapat berinvestasi Reksa Dana, kamu juga bisa mendapatkan berbagai bonus investasi melalui promo-promo menarik dari Makmur. Yuk mulai perjalanan investasimu bersama Makmur dan temukan berbagai Reksa Dana terbaik dari Manajer Investasi pilihan.

Link: Promo-Promo Makmur

Yuk unduh Makmur melalui link dibawah ini dan jangan lupa berikan ulasan terbaikmu.

Download Makmur

Website: Makmur.id

Bagikan
Facebook
Twitter
Instagram
Tiktok
Artikel lainnya
Artikel
Mau Analisis Reksa Dana? Yuk Berkenalan dengan Maximum Drawdown (MDD)

Hai Sobat Makmur! Apakah kamu investor pemula dan ingin tahu bagaimana caranya menganalisis reksa dana sebelum berinvestasi? Cocok banget artikel ini untukmu. Nah, salah satu konsep yang penting untuk dipahami dalam menganalisis reksa dana adalah drawdown. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan secara mendalam tentang drawdown pada reksa dana, termasuk konsepnya, fungsi bagi investor, dan […]

author
Content Management
calendar
13 May 2024
Artikel
Ingin Terlepas dari Loss Aversion? Ini Caranya

Hai Sobat Makmur! Ketika berbicara tentang uang dan keputusan investasi, sering kali kita merasa lebih terpukul oleh kerugian dibandingkan dengan keuntungan yang sama besarnya. Fenomena ini dikenal sebagai “Loss Aversion” atau ketakutan akan kerugian. Mari kita ulas fenomena ini lebih mendalam. Apa Itu Loss Aversion? Loss aversion yaitu kecenderungan manusia lebih merasa terpukul oleh kerugian […]

author
Content Management
calendar
08 May 2024
Artikel
5 Keuntungan Kamu Berinvestasi Reksa Dana, Tanpa Ragu!

Hai Sobat Makmur! Salah satu instrumen keuangan yang bisa dimanfaatkan oleh semua kalangan usia yaitu reksa dana. Penasaran gak, kira-kira apa sih keuntungan berinvestasi reksa dana? Nah, berikut adalah 5 keuntungan menarik yang akan kamu dapatkan jika memutuskan untuk berinvestasi di reksa dana: 1. Transparan dan Regulasi yang Jelas Salah satu keuntungan utama dari berinvestasi […]

author
Content Management
calendar
03 May 2024
Artikel
Ini Cara Mengetahui Pertumbuhan Persentase Investasimu dengan Mudah

Hai Sobat Makmur! Setuju gak, salah satu hal menarik dari aktivitas investasi yaitu melihat adanya pertumbuhan dari dana yang kita investasikan. Pertumbuhannya bisa dalam bentuk nominal ataupun persentase.  Namun, apakah kamu pernah merasa kesulitan untuk mengetahui total persentase imbal hasilnya? Bila kamu merasa kesulitan, mari kita bahas di dalam artikel ini, yuk simak bersama! Langkah-Langkah […]

author
Content Management
calendar
24 April 2024
Artikel
Berencana Memiliki Buah Hati, Ini Langkah Keuangan yang Perlu Dipersiapkan

Hai sobat Makmur. Memang tidak semua pasangan berencana untuk memiliki buah hati, namun bagi kamu yang berencana untuk memilikinya, artikel ini tepat sekali untuk dibaca.  Mengatur keuangan untuk mempersiapkan kedatangan buah hati adalah langkah penting yang perlu dipertimbangkan dengan matang. Dengan merencanakan dengan baik, kamu bisa mengurangi kekhawatiran keuangan yang dapat muncul seiring dengan proses […]

author
Content Management
calendar
23 April 2024
Artikel
5 Mitos dan Fakta Tentang Investasi yang Perlu Kamu Tahu!

Hai sobat Makmur! Kamu tahu kan, Investasi merupakan salah satu cara yang baik untuk membangun kekayaan dan mencapai tujuan keuangan dalam jangka panjang. Namun, di tengah berbagai informasi yang beredar, masih ada mitos-mitos yang bisa membuat kamu ragu atau bahkan takut untuk mulai berinvestasi. Di artikel ini, kita akan membongkar 5 mitos tentang investasi dan […]

author
Content Management
calendar
22 April 2024
Bergabunglah dengan lebih dari 500 ribu investor yang telah berinvestasi di Makmur
ios-app-storeandroid-googleplay-store
Hak Cipta ©2019 - 2024 PT Inovasi Finansial Teknologi
PT INOVASI FINANSIAL TEKNOLOGI (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Semua investasi mengandung risiko dan kemungkinan kerugian nilai investasi. Kinerja masa lalu tidak menjamin kinerja di masa depan. Simulasi investasi disediakan untuk tujuan informasi dan ilustrasi. Reksa dana adalah produk Manajer Investasi (MI) dan bukan produk APERD. APERD tidak bertanggung jawab atas pengelolaan portofolio yang dilakukan oleh MI.