Berita
Makmur Dukung Petani Kopi Wanita dengan Permudah Akses Energi Terbarukan di Lombok
author
Content Management
author
24 August 2023
Facebook
Twitter
Instagram
Tiktok
blog-detail

Sebagai salah satu program dari Makmur Peduli, PT. Inovasi Finansial Teknologi (Makmur) mendukung pemberdayaan petani kopi wanita melalui energi terbarukan yang diadakan oleh PT. Insight Investments Management (Insight IM). Kegiatan ini diadakan pada Kamis (24/08/2023) di Mataram, Nusa Tenggara Barat. 

Kegiatan ini mendorong pemberdayaan perempuan dalam mendapatkan akses atas berbagai kesempatan ekonomi di sepanjang rantai nilai energi terbarukan. Selain itu, terdapat keterbatasan pemahaman masyarakat atas pilihan energi dan kesempatan ekonomi dari pemanfaatan energi terbarukan, serta keterbatasan akses pembiayaan untuk masyarakat sekitar.

Kegiatan yang dimulai pukul 10.00 WIT hingga 14.00 WIT ini dihadiri oleh petani kopi dari tiga kelompok tani wanita, mahasiswa hingga penduduk sekitar desa Karang Sidemen di Kaki Gunung Rinjani, Lombok. Selama kegiatan berlangsung Makmur dan Insight IM memberikan edukasi literasi keuangan agar dapat “melek finansial”. Makmur sebagai platform investasi yang memberikan akses kemudahan untuk dapat berinvestasi dimanapun dan kapanpun dengan biaya yang sangat terjangkau.

Dalam edukasi literasi keuangan yang dipaparkan, Makmur dan Insight IM menjelaskan tips-tips mengelola keuangan personal dan keuangan hasil usaha yang bisa diterapkan oleh para petani kopi wanita tersebut. Dengan pengelolaan uang yang tepat maka dapat membantu meningkatkan kekayaan dan memperbesar usaha yang sedang dijalankan. Terlebih dapat bebas dari utang kepada rentenir yang selama ini masih membudaya, sehingga diharapkan keuangan dapat terkelola dengan tepat.

Makmur juga mengimbau masyarakat agar tetap lebih berhati-hati terhadap penawaran investasi ilegal yang dengan target kalangan awam, terlebih setelah masyarakat mendapatkan iming-iming keuntungan yang fantastis. Pada kegiatan ini pula diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait produk / layanan jasa keuangan dan membentengi diri dari tawaran investasi ilegal dan pinjaman uang dari rentenir yang dapat menjerat dengan bunga tinggi yang telah ditentukan.

Selain kegiatan edukasi dan literasi selepas makan siang bersama warga, Tim Makmur dan Tim Insight IM juga turun ke lapangan untuk mengetahui proses pembuatan kopi dari awal sampai akhir dari mulai memetik, mengeringkan, menggiling, memasak hingga mengemas bubuk kopi sebelum dipasarkan. Ini sejalan dengan program CSR yang diadakan oleh Insight IM bersama Makmur untuk memberikan bantuan pada pembuatan Solar Panel yang digunakan untuk proses mengeringkan kopi pada proses pengolahan menjadi lebih cepat kering hanya 9-12 jam dimana pada proses sebelumnya membutuhkan waktu hingga satu hari lamanya. 

“Kegiatan kolaborasi antara Insight IM dan Makmur ini adalah program mengenalkan energi terbarukan kepada kelompok petani kopi di Desa Karang Sidemen Kaki Gunung Rinjani. Program ini juga memberikan dampingan berupa literasi keuangan dan kelembagaan kepada masyarakat di tiga desa Karang Sidemen, Lantan, Aik Berik. Program yang terselenggara berkat alokasi Reksa Dana I-Renewable Energy Fund, berfokus pada program-program energi terbarukan untuk masyarakat banyak. Melalui program CSR dengan berfokus pada energi terbarukan ini kami mengharapkan dapat memberikan energi yang bersih serta ramah lingkungan.” ujar Muhammad Isnaeni Setiawan CSR Coordinator Insight IM.

Dalam kegiatan CSR ini para peserta dapat melihat bahwa hasil dari investasi Reksa Dana pada produk Insight IM yakni I-Renewable Energy Fund, berkontribusi dan memberikan kesempatan kepada investor untuk dapat berpartisipasi langsung melalui donasi sebagian kecil dari hasil investasinya pada kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Yayasan Energi Lestari dalam rangka pengembangan energi baru dan terbarukan. 

Bagikan
Facebook
Twitter
Instagram
Tiktok
Berita lainnya
Berita
Pengumuman Libur Bursa Hari Kenaikan Isa Almasih

Hai Sobat Makmur, Makmur mengikuti arahan PT Bursa Efek Indonesia bahwa hari libur bursa pada Kamis 9-10 Mei 2024 untuk memperingati Hari Kenaikan Isa Almasih. Berikut penyesuaian kegiatan operasional Makmur pada hari libur bursa tersebut: Sobat Makmur tetap dapat melakukan transaksi produk Reksa Dana favoritmu di aplikasi Makmur selama hari libur bursa tersebut. Makmur mengucapkan […]

author
Tim Makmur
calendar
08 May 2024
Berita
Pemeliharaan Sistem Aplikasi Makmur

Halo Sobat Makmur,  Aplikasi Makmur akan melakukan pemeliharaan sistem mulai Jumat, 03 Mei 2024 pukul 21.00 WIB sehingga aplikasi tidak dapat diakses untuk sementara waktu. Aplikasi Makmur dapat kembali kamu akses pada Sabtu, 04 Mei 2024 pukul 01.30 WIB. Jangan khawatir, semua data dan investasimu tetap aman karena terdaftar di KSEI dan disimpan di Bank […]

author
Tim Makmur
calendar
03 May 2024
Berita
Pengumuman Libur Bursa Hari Buruh Internasional 2024

Hai Sobat Makmur, Makmur mengikuti arahan PT Bursa Efek Indonesia bahwa hari libur bursa pada Rabu 1 Mei 2024 untuk memperingati Hari Buruh Internasional. Berikut penyesuaian kegiatan operasional Makmur pada hari libur bursa tersebut: Sobat Makmur tetap dapat melakukan transaksi produk Reksa Dana favoritmu di aplikasi Makmur selama hari libur bursa tersebut. Makmur mengucapkan Selamat […]

author
Tim Makmur
calendar
30 April 2024
Berita
Pengumuman Hari Raya Idul Fitri 1445 H

Hi Sobat Makmur, Makmur mengikuti arahan PT Bursa Efek Indonesia bahwa hari libur bursa pada hari Senin, 8 April 2024 sampai dengan Senin, 15 April 2024 untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 H. Berikut penyesuaian kegiatan operasional Makmur pada hari libur bursa tersebut: Sobat Makmur tetap dapat melakukan transaksi produk Reksa Dana favoritmu di […]

author
Tim Makmur
calendar
04 April 2024
Berita
Pemeliharaan Sistem Aplikasi Makmur

Halo Sobat Makmur,  Aplikasi Makmur akan melakukan pemeliharaan sistem mulai Sabtu, 23 Maret 2024 pukul 22.00 WIB sehingga aplikasi tidak dapat diakses untuk sementara waktu. Aplikasi Makmur dapat kembali kamu akses pada Minggu, 24 Maret 2024 pukul 00.00 WIB. Jangan khawatir, semua data dan investasimu tetap aman karena terdaftar di KSEI dan disimpan di Bank […]

author
Content Management
calendar
23 March 2024
Berita
Pemeliharaan Sistem Aplikasi Makmur

Halo Sobat Makmur,  Aplikasi Makmur akan melakukan pemeliharaan sistem mulai Senin, 12 Februari 2024 pukul 21.00 WIB sehingga aplikasi tidak dapat diakses untuk sementara waktu. Aplikasi Makmur dapat kembali kamu akses pada Senin, 12 Februari 2024 pukul 24.00 WIB. Jangan khawatir, semua data dan investasimu tetap aman karena terdaftar di KSEI dan disimpan di Bank […]

author
Content Management
calendar
12 February 2024
Bergabunglah dengan lebih dari 500 ribu investor yang telah berinvestasi di Makmur
ios-app-storeandroid-googleplay-store
Hak Cipta ©2019 - 2024 PT Inovasi Finansial Teknologi
PT INOVASI FINANSIAL TEKNOLOGI (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Semua investasi mengandung risiko dan kemungkinan kerugian nilai investasi. Kinerja masa lalu tidak menjamin kinerja di masa depan. Simulasi investasi disediakan untuk tujuan informasi dan ilustrasi. Reksa dana adalah produk Manajer Investasi (MI) dan bukan produk APERD. APERD tidak bertanggung jawab atas pengelolaan portofolio yang dilakukan oleh MI.