FAQ
1. Apa itu Makmur?
Makmur adalah aplikasi keuangan yang membantu kamu berinvestasi seperti investor profesional. Tidak seperti aplikasi lain yang menggunakan Modern Portfolio Theory yang ditemukan tahun 1950an, aplikasi Makmur menggunakan Factor Investing yang dipopulerkan Eugene Fama, pemenang Nobel Prize in Economic Sciences tahun 2013. Strategi investasi yang dulunya hanya tersedia untuk High Net Worth Individual (HNWI) sekarang tersedia untuk kamu.
2. Apakah Makmur telah memiliki izin resmi dari OJK?
Makmur telah memiliki izin resmi sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dari OJK dengan nomor izin KEP-3/PM.21/2021. Makmur juga telah terdaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) di KOMINFO dengan nomor pendaftaran 02818/DJAI.PSE/08/2020.
3. Apakah dana investasi saya aman di Makmur?
Dana investasi kamu tidak disimpan oleh Makmur. Dana investasi kamu disimpan oleh Bank Kustodian seperti Bank BCA dan BNI. Kamu bisa mengecek kepemilikan investasi kamu di website AKSes milik KSEI. Meski Makmur sampai tutup, dana investasi kamu tetap milik kamu dan dapat dicairkan kapanpun kamu mau.
4. Berapa dana yang dibutuhkan untuk mulai berinvestasi di Makmur?
Makmur percaya keadilan sosial adalah hak seluruh rakyat Indonesia. Oleh karena itu, kamu bisa mulai berinvestasi di Makmur hanya dengan Rp 10.000.
5. Berapa jangka waktu minimum investasi di Makmur?
Tidak seperti Deposito yang hanya dapat dicairkan saat jatuh tempo, investasi di Makmur dapat dicairkan kapan saja. Tidak ada penalti meskipun kamu hanya berinvestasi 1 hari.
6. Dokumen apa saja yang diperlukan untuk membuka rekening di Makmur?
Pembukaan rekening Makmur dilakukan sepenuhnya secara online. Kamu tidak perlu print dokumen atau datang ke kantor Makmur. Kamu hanya perlu menyiapkan E-KTP kamu untuk difoto.
7. Apakah data pribadi saya aman di Makmur?
Aplikasi Makmur dilindungi enkripsi 256 bit standar Bank dan autentikasi 2 faktor, termasuk teknologi biometric identification seperti face recognition dan fingerprint scanner.
8. Apakah reksa dana yang dijual di Makmur aman?
Makmur hanya bekerja sama dengan Manajer Investasi yang memiliki reputasi dan rekam jejak yang baik. Makmur menyeleksi lagi reksa dana yang mereka keluarkan dengan mempertimbangkan kinerja, top holdings, dana kelolaan, dan management fee reksa dana sejenis.
9. Berapa biaya transaksi reksa dana di Makmur?
Tidak seperti Bank yang mengenakan biaya pembelian atau penjualan reksa dana sebesar 1%, Makmur tidak mengenakan biaya transaksi apapun.
10. Apa saja metode pembayaran yang dapat digunakan di Makmur?
Saat ini kamu hanya bisa melakukan pembayaran dengan cara transfer langsung ke rekening penampung Bank Kustodian. Dalam waktu dekat, kamu juga akan bisa melakukan pembayaran melalui Virtual Account dan E-Wallet seperti GoPay, OVO, ShopeePay, dan LinkAja.
11. Hasil penjualan reksa dana di Makmur dapat ditarik ke mana saja?
Untuk keamanan kamu, hasil penjualan reksa dana di Makmur hanya dapat ditarik ke rekening bank yang kamu daftarkan pada saat pembukaan rekening. Rekening bank tersebut juga harus terdaftar atas nama kamu.
12. Apakah keuntungan reksa dana kena pajak?
Tidak seperti deposito dan emas yang keuntungannya kena pajak, keuntungan dari reksa dana tidak kena pajak.
13. Berapa lama proses pembelian reksa dana di Makmur?
Jika kamu melakukan pembayaran sebelum jam 1 siang WIB pada hari bursa, maka pembelian reksa dana kamu akan diproses di hari yang sama. Selain itu, pembelian reksa dana kamu akan diproses pada hari bursa berikutnya. Kamu akan mendapatkan informasi jumlah unit reksa dana yang kamu terima 1 hari bursa setelah pembelian reksa dana kamu diproses.
14. Berapa lama proses penjualan reksa dana di Makmur?
Jika kamu melakukan penjualan reksa dana sebelum jam 1 siang WIB pada hari bursa, maka penjualan reksa dana kamu akan diproses di hari yang sama. Selain itu, penjualan reksa dana kamu akan diproses pada hari bursa berikutnya. Kamu akan mendapatkan informasi jumlah dana yang kamu terima 1 hari bursa setelah penjualan reksa dana kamu diproses. Dana tersebut akan masuk ke rekening bank kamu dalam 7 hari bursa.
15. Apa itu Makmur Simple?
Makmur Simple adalah layanan Makmur di mana kamu bisa mendapatkan keuntungan stabil seperti deposito. Ada dua kelebihan Makmur Simple dibanding deposito yaitu kamu bisa mendapatkan kinerja lebih tinggi dari deposito dan kamu bisa mencairkan investasi kamu kapan saja, tidak perlu tunggu tanggal jatuh tempo.
16. Apa itu Makmur Flexi?
Makmur Flexi adalah layanan Makmur di mana kamu bisa membuat portofolio terdiversifikasi dari strategi racikan tim Makmur atau reksa dana favoritmu. Tim Makmur sudah menyiapkan berbagai strategi investasi untuk kamu mulai dari investasi umum untuk kamu yang sangat konservatif sampai dengan investasi umum untuk kamu yang sangat agresif.
17. Apa itu Makmur Autopilot?
Makmur Autopilot adalah layanan Makmur yang akan datang di mana kamu cukup memberi tahu Makmur jumlah dana yang ingin kamu kumpulkan dan kapan dana tersebut akan digunakan. Makmur akan meracik rencana investasi khusus yang sudah disesuaikan dengan profil risiko kamu. Kamu cukup berinvestasi setiap bulan sesuai dengan rencana. Teknologi Makmur akan mengatur portofolio kamu secara otomatis untuk memaksimalkan peluang kamu mencapai tujuan finansial kamu dengan aman dan nyaman.
18. Siapa sih tim Makmur itu?
Tim Makmur adalah anak bangsa yang memiliki pengalaman bekerja lebih dari 10 tahun di perusahaan teknologi Silicon Valley dan perusahaan investasi Wall Street seperti Facebook, Visa, IBM, dan Virtu Financial. Mereka juga merupakan lulusan universitas ternama seperti Stanford University, UC Berkeley, Purdue University, UIUC, ITB, dan BINUS.
Terdaftar dan diawasi
partner-1partner-2partner-3
PT INOVASI FINANSIAL TEKNOLOGI (Makmur) adalah perusahaan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Semua investasi mengandung risiko dan kemungkinan kerugian nilai investasi. Kinerja masa lalu tidak menjamin kinerja di masa depan. Simulasi investasi disediakan untuk tujuan informasi dan ilustasi. Reksa dana adalah produk Manajer Investasi (MI) dan bukan produk APERD. APERD tidak bertanggung jawab atas pengelolaan portofolio yang dilakukan oleh MI.
Hak Cipta © 2022 PT Inovasi Finansial Teknologi